Friday, October 14, 2016

Apa Itu Demensia Dan Gejala-gejala Awalnya?

Demensia adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan gejala-gejala sekelompok penyakit yang mempengaruhi otak. Ini bukan satu penyakit yang spesifik. 


Demensia mempengaruhi cara berfikir, kelakuan dan kemampuan untuk melakukan pekerjaan biasa sehari-hari. Fungsi otak cukup banyak terpengaruh sehingga mengganggu pergaulan dan pekerjaan normal penderita. Tanda khas demensia adalah ketidakmampuan melakukan kegiatan sehari-hari sebagai akibat dari berkurangnya kemampuan kognitif (mengenali). 

Doktor membuat diagnosis demensia jika dua atau lebih dari fungsi kognitif cukup terganggu. Fungsi kognitif yang terganggu dapat termasuk daya ingat, kemampuan berbicara, memahami informasi, kemampuan memahami ruang gerak, menilai dan memberi perhatian. Orang yang menderita demensia mungkin mendapat kesukaran mengatasi persoalan dan mengendalikan emosi mereka. Mereka juga mungkin mengalami perubahan kepribadian. Apa tepatnya gejala-gejala yang dialami orang yang menderita demensia tergantung pada tempat-tempat di otak yang rusak oleh penyakit yang menyebabkan demensia itu. 
Pada banyak jenis demensia, beberapa dari sel-sel syaraf di otak berhenti berfungsi, kehilangan sambungan dengan sel-sel lain, dan mati. Demensia biasanya semakin lama semakin memburuk. Ini bererti penyakit ini perlahan-lahan menyebar di otak dan gejala-gejala penderita semakin lama semakin memburuk. 

Apa gejala-gejala awal demensia? 

Tanda-tanda awal demensia hampir tidak kelihatan, jelas dan mungkin tidak segera terjadi. Beberapa gejala umum termasuk: 

• Sering lupa, semakin lama semakin berat 
• Merasa bingung 
• Perubahan kepribadian 
• Tidak peduli dan menyendiri 
• Kehilangan kemampuan melakukan pekerjaan sehari-hari 

Apa yang dapat dilakukan untuk menolong? 

Pada waktu ini tidak ada ubat untuk kebanyakan jenis demensia. Tetapi, beberapa jenis ubat dapat mengurangkan beberapa gejalanya. Sokongan sangat penting bagi orang yang menderita demensia dan bantuan dari keluarga, teman dan yang merawatnya dapat membawa perbezaan positif dalam menangani penyakit ini. | SBP