Monday, August 15, 2016

Menyesal Dengan Perbuatan Kamu? Minta Maaflah Dengan 5 Cara Berikut.

Manusia itu jauh dari sempurna. Ya, pasti ada kesalahan yang dilakukan sekecil apapun. Begitu juga dengan hubungan persahabatan. Pasti ada saat dimana kita melakukan kesalahan terhadap teman kita. Tidak mungkin kan kita harus musuhan terus sama teman kita? Oleh kerana itu, kita harus minta maaf sama rakan yang telah kita sakiti. Nah, kali ini admin akan memberikan beberapa tips yang tepat untuk minta maaf sama teman kita. Semak baik-baik ya....

1. Ajak dia bersemuka

Jangan pernah meminta maaf melalui SMS atau bahkan berbual. Hal itu kemungkinan besar akan menimbulkan salah faham. Ajak dia bertemu. Mau di mall, taman, terserah, yang penting suasana menyokong untuk bertemu dan berbual berdua. Ingat, berdua, kamu dan dia saja. Dengan begitu, tidak akan ada yang mengganggu kamu mendedahkan penyesalan kepada dia.

2. Minta maaf secara sungguh-sungguh

Ungkapkan permintaan maaf kamu dengan sungguh-sungguh. Ungkapkan kalau kamu tidak seharusnya melakukan perkara tersebut. Jangan bilang kalau hal tersebut merupakan perkara yang remeh. Anggaplah masalah yang kamu hadapi dengan dia adalah masalah yang benar-benar serius dan mengancam hubungan persahabatan kamu. Selain itu, jangan pernah mengatakan kalau kemarahannya merupakan perbuatan yang berlebihan. Hal tersebut akan membuatnya merasa sangat emosi.

3. Mengakui kesalahan yang sebenarnya

Akuilah kalau kamu memang salah. Ungkapkan kesalahan kamu yang sebenarnya. Jangan lupa untuk mendedahkan punca kenapa kamu melakukan kesalahan tersebut. Dengan mendedahkan kenapa kamu melakukan kesalahan tersebut, dia akan memaklumi perbuatan kamu dan memaafkan kamu apa adanya.

4. Elakkan kata tapi

Perkataan "tapi" boleh merosakkan permintaan maaf kamu. Sebabnya, "tapi" adalah kata yang biasa digunakan untuk menafikan sesuatu. Apabila kamu bilang "tapi", dia akan merasa kamu tak benar-benar minta maaf. Selain itu, "tapi" juga sebuah cara untuk menutup sebuah kesalahan. Kan kamu sudah salah dan mengaku, kenapa masih ditutup? Maka dari itu, hindarilah kata ini. Pasrah saja dan akuilah kesalahan kamu meskipun pada akhirnya dia marah dan memaki kamu. Yang penting kamu sudah jujur ​​dan minta maaf, maka dia akan memaafkan kamu.

5. Yakinkan kamu benar-benar menyesal

Ungkapkan apa saja yang jadi penyesalan kamu. Sebutkan juga kenapa kamu perlu minta maaf. Hal tersebut akan membantu kamu meyakinkan dia yang kamu benar-benar menyesal.

Nah, itu tadi langkah-langkah yang tepat untuk mengungkapkan permintaan maaf kamu. Jangan sampai kamu melakukan perkara yang sama untuk kedua kalinya. Yang paling penting lagi, jangan pernah menyalahkan orang lain atas perbuatan yang kamu lakukan.